Berita

Home / Berita

29 September 2017

Hukum Bisnis di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. hukum bisnis awalnya merupakan hukum dagang dan diatur dalam KUH Perdata dan KUH Dagang. Saat ini Hukum Bisnis diatur dalam berbagai peraturan perundang-undangan. Untuk memenuhi kebutuhan dan pekembangan masyarakat, peraturan perundang-undangan tersebut seringkali mengalami perubahan. Dengan telah diratifikasinya GATT, GATS, dan berbagai KonvensiInternasional, maka peraturan perundang-undangan di bidang hukum bisnis Indonsia harus menyesuaikan dengan konvensi tersebut.

Buku ini menguraikan beberapa masalah yang berkaitan dengan Hukum Bisnis, meliputi kelembagaan, kegiatan usaha, dan proses untuk melaksanakan kegiatan usaha tersebut. Uraian diawali dari konsep hukum bisnis, perbedaaannya dengan Hukum Dagang dan Hukum Ekonomi. hukum Bisnis Syariah, Hukum Perjanjian, Perjanjian Jual Beli, Transaksi Perdagangan melalui Elektronik (E-Commerce), Perjanjian Sewa Menyewa. Selanjutnya Badan  Hukum , Hukum Persaingan Usaha, Hukum Kekayaan Intelektual, Hukum Perlindungan Konsumen. Selain itu dipaparkan pula Hukum Asuransi, Hukum Jaminan, Kukum Ketenagakerjaan, Restrukturisasi Perusahaan, dan Penyelesaian Sengketa.

Saat ini tumbuhminat masyrarakat untuk melaksanakan bisnis berbasis syariah. Demikian halnya minat untuk melakukan kajian tentang Hukum Bisnis Syariah. Untuk itu buku ini memaparkan hokum bisnis tersebut di atas dilengkapi dengan kajian dari aspek syariah.

 

Buku ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang mengambil matakuliah Hukum Bisnis, bagi para pihak yang berminat melakukan kajian Hukum Bisni dan Hukum Bisnis Syariah, juga bagi para praktisi bisnis. Termasuk bagi para penegak hokum seperti Konsultan Hukum, Advokat, Pengacara, Hakim, Notaris, dan lain-lain.

 

Penulis:

Prof. Dr. Neni Sri Imaniyati, S.H. M.H., Guru Besar Fakultas Hukum Unisba. Memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung, Mahgister Hukum dari Program Magister Ilmu Hukum Undip, dan gelar Doktor Ilmu Hukum dari Proghram Doktor Ilmu Hukum Undip Semarang. Mengajar di Fakultas Hukum, Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi Unisba, Fakultas Hukum dan Syariah UIN Bandung dan Program Magister dan Program Doktor Ilmu Hukum Unisba. Dewan pakar ICMI Jawa Barat, Pengurus Pusat APPHESISI (Asosiasi Pengajar dan Peneliti Hukum Ekonomi Islam) dan Pengurus IAEI (Ikatan Ahli Ekonomi Islam) Komisariat Unisba, dan Penasihat MES Komisariat Unisba. Buku yang telah disusun antara lain: Hukum Ekonomi dan Ekonomi Islam (Penerbit Mandar Maju, 2002); Hukum Perbankan dan Perbankan Syariah (Penerbit  P2U Unisba, 2002); Hukum Bisnis tentang Pelaku dan Kegiatan Ekonomi (graha Ilmu, 2009); Aspek-aspek Hukum BMT (Citra Aditya Bhakti, 2011); Pengantar Hukum Perbankan, Edisi Reisi (Refika Aditama, 2016).

 

Panji Adam, S.Sy., M.H.  Pada tahun 2009 menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Islam Ngeri Sunan Gunung Dkjati (UIN SGD) Bandung pada Fakultas Fakultas Syariah dan Hukum Prodi Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah) dengan predikat Cumlaude. Pada tahun 2013 menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Islam Bandung  (UNISBA)  Prodi Ilmu Hukum dengan predikat Cumlaude. Sejak tahun 2015 menjadi staf pengajar di Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung (UNISBA) dengan mengampu mata kuliah Hukum Perbankan Syariah, Hukum Bisnis dan Fikh Muamalah. Dengan Prof. Dr. Neni Sri Imaniyati, S.H. M.H. menulis buku Pengantar Hukium Perbankan Edisi Revisi (Refika Aditama, 2016). Menulis artikel pada beberapa Jurnal Ilmiah dan Prosiding pada SNaPP Unisba Tahun 2014, 2015, dan 2016.

Recent Post